SELAMAT DATANG DATANG DI BLOG'NYA MAS DONA , BLOG INI TIDAK BIKIN EREKSI

Jumat, 07 Mei 2010

Cara kerjane hardisk

Hardisk

Bagaimana cara kerja hardisk?

Disket menggunakan plastik yang fleksibel, sedangkan hardisk berbahan kaku. Hardisk berupa piringan logam, glass, atau keramik yang tipis tetapi kaku dan dibungkus dengan sesuatu sehingga data dapat disimpan dalam bentuk titik-titik magnet. Hard drive minimal mempunyai 2 piringan/disk. Semakin banyak piringan berarti semakin besar kapasitasnya. Setiap piringan dipisahkan dengan ruang sempit dan diapit oleh kumparan berotasi yang berfungsi untuk menyatukan piringan-piringan tersebut. Hardisk terletak di unit hardisk drive tertutup untuk mencegah masuknya benda-benda asing ke dalamnya. Data bisa disimpan pada kedua sisi piringan disk.


Gambar Hardisk

Mengatur data : Tabel Alokasi File Virtual

Sebagaimana disket, hardisk juga menyimpan data dalam bentuk track, sektor dan cluster. Sistem operasi komputer mencatat sektor berdasarkan clusternya. Sistem operasi Windows memberi nomor unik pada setiap cluster dan mencatat alamat file di hardisk menggunakan tabel alokasi file virtual (VFAT, Virtual File Allocation Table). VFAT merupakan salah satu metode untuk menyimpan dan mengetahui alamat file sesuai cluster yang digunakan. Oleh sebab itu, VFAT berisi setiap nilai pada setiap cluster yang menjelaskan lokasi disk tempat cluster berada.

Terkadang sistem operasi menganggap sebuah cluster sebagai cluster yang sedang dipakai, meskipun pada saat itu cluster tersebut tidak berisi file apapun. Hal ini dinamakan lost cluster, dan Anda bisa membebaskan cluster tersebut (yang berarti menambah ruang disk Anda) dengan memakai utilitas ScanDisk di Windows.

Kerusakan Head

Hardisk adalah komponen yang cukup sensitif, Head baca/tulis memang tidak pernah menyentuh permukaan disk karena bekerja di atas bantalan udara setinggi 0,000001 inci. Dengan adanya pembungkus, disk dijauhkan dari kotoran-kotoran yang mungkin menempel. Bahkan, semua elemen hardisk diproduksi dalam kondisi steril. Akan tetapi, rambut manusia, partikel debu, bekas sidik jari dan partikel rokok bisa menyebabkan kerusakan head (head crash). Head bisa rusak jika permukaan head baca/tulis atau partikel yang menempel di head melakukan kontak dengan permukaan piringan/disk, sehingga bisa mengakibatkan sebagian atau seluruh data bisa terhapus. Kerusakan head juga bisa terjadi saat Anda memukul komputer terlalu keras atau menjatuhkan benda berat di atas casing.

Hardisk Nonremovable

Hardisk nonremovable internal adalah hardisk yang tetap berada di dalam unit sistem komputer dan digunakan untuk menyimpan hampir semua program sebagian besar file data. Hardisk jenis ini terdiri beberapa piringan logam atau kaca berdiameter 1 sampai 5,25 inci (umumnya 3,5 inci), tersusun dalam bentuk kumparan dan berisi data di kedua sisi piringannya. Head baca/tulis yang terletak di setiap sisi piringan diatur oleh lengan penggerak yang bergerak maju mundur untuk mencari lokasi yang tepat pada piringan. Seluruh komponen ini terlindung dalam pembungkus anti-udara sehingga bisa terbebas dari kotoran-kotoran semacam debu.

Kapasitas hardisk nonremovable bervariasi antara 40 sampai 300 gigabyte. Bahkan kapasitas hardisk Mac G5 mencapai 500 gigabyte. Satu gigabyte kira-kira setara dengan tulisan sepanjang 20.000 halaman, sedangkan file video dan suara biasanya berukuran 10 megabyte atau lebih.

Putaran piringan hardisk jauh lebih cepat dibandingkan disket, sehingga data/program pada hardisk bisa diakses lebih cepat. Iklan komputer mencantumkan spesifikasi kecepatan hardisk dalam satuan revolusi per detik (rpm) yang berkisar antara 5.400 sampai 7.200 rpm. Kecepatan putaran disket hanya 360 rpm, sedangkan hard drive sebesar 7.200 rpm, kira-kira setara dengan kecepatan 300 mil per jam. (hard drive terbaru bahkan lebih cepat dari 7.200 rpm.)

Terdapat dua jenis hardisk portabel, yaitu :

1. Hardisk eksternal : adalah hardisk yang bisa ditempatkan di luar unit sistem dan tetap berpembungkus anti udara. Melalui kabel, hardisk dihubungkan ke unit sistem komputer ke port FireWire, USB, atau port lain.

2. Hardisk removable : atau hard-disk cartridge terdiri dari satu atau dua piringan dilengkapi head baca/tulisnya, terlindung dalam pembungkus kaku serta bisa dimasukkan ke drive cartridge pada unit sistem mikrokomputer. Cartridge biasanya dipakai untuk mem-backup dan memindahkan file-file data berukuran besar, misalnya file spreadsheet atau desktop publishing yang berukuran besar.

Kontroller Hardisk

Jenis-jenis kontroler hardisk juga bisa Anda lihat di iklan-iklan komputer. Kontroler hardisk sendiri adalah papan sirkuit khusus untuk memposisikan piringan dan head baca/tulis serta mengatur aliran data dan instruksi dari dan ke hardisk. Kontroler hardisk bisa merupakan komponen hardisk atau kartu adaptor terpisah yang terletak di dalam unit sistem. Contoh kontroler hardisk untuk menghubungkan hardisk eksternal adalah FireWire dan USB. Standar-standar lainnya adalah sebagai berikut :

1. EIDE (enhanced integrated drive electronics) mampu mendukung hingga empat buah hardisk yang masing-masing berkapasitas137 gigabyte. Kontroler EIDE dipasarkan dengan istilah SATA (serial advanced technology attachment), Fast ATA, Fast IDE, ATA-2, ATA/100 dan Serial ATA. Untuk saat ini, konsumen disarankan membeli versi SATA atau Serial ATA karena transfer datanya lebih cepat dan memiliki tingkat interferensi magnetik yang lebih rendah.

2. SCSI (small computer system interface) bisa mendukung beberapa hardisk dan perangkat periferal lain untuk dihubungkan dalam rangkaian daisy chain. Kontroler SCSI lebih cepat dan kapasitasnya lebih besar dibandingkan kontroler EIDE. Kontroler SCSI biasanya terdapat pada server dan workstation.

3. Fibre Channel adalah standar versi terbaru yang sebenarnya tidak diperuntukkan bagi komputer pribadi, meskipun di masa depan diharapkan bisa menggantikan SCSI. Standar ini memiliki banyak kelebihan: kecepattan data yang sangat tinggi serta bisa digunakan pada komputer host dan server high-end.

0 komentar:

Pengikut

ceting karo dona

Status YM

Blogspot Template by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Home Interiors